Minggu, 24 Januari 2010

HOOLIGANS



hooligans adalah sebutan kumpulan perusuh,kumpulan ini biasa eratkan dengan pendukung olahraga terutama sepak bola. mereka sering melakukan perkelahian,vandalisme,bahkan pembunuhan.biasanya mereka di bawah alam sadar karena pengaruh narkoba dan miras.

ETIMOLOGI

ada beberapa teori yang menjelaskan asal usul kata hooligans. di dalam kamus The Compact Oxford Dictionary,berasal dari nama keluarga irlandi fiktif yang gaduh di sebuah aula musik tahun 1890an.Clarence rock di dalam bukunya hooligan night tahun 1890an bahwa kata hooligan berasal dari nama Patrick hoolihan, seorang pencuri dari irlandia yang tingga di London borough of southwark.Earnest Weekley, menulis dalam buku 1912 Romance of Words, "hooligan yang asli adalah sebuah keluarga Irlandia bersemangat nama itu proses yang menghidupkan kehidupan monoton menjemukan di Southwark sekitar empat belas tahun yang lalu.Ada referensi juga telah dibuat ke pedesaan Irlandia abad ke-19 keluarga dengan nama keluarga Houlihan yang dikenal dengan gaya hidup liar.Teori lainnya adalah bahwa istilah berasal dari geng jalanan di Islington bernama Hooley. Namun teori lain adalah bahwa istilah ini didasarkan pada sebuah kata Irlandia, houlie, yang berarti liar, semangat pesta.
HOOLIGANS SEPAK BOLA
Hooligans biasa dilakukan oleh suporter sepakbola.biasanya mereka melakukan tindakan kerusuhan,vandalisme,bahkan penyerangan terhadap suporter lawan bahkan polisi anti huru hara.Biasanya suporter meneriakkan yel yel klub mereka, merusak fasilitas sekitarnya bahkan melempar suporter lawan atau polisi dengan botol,batu,pisau,bahkan pistol.dan polisi membalasnya dengan gas air mata,kendaraan lapis baja,dan meriam air.
Beberapa surporter hooligan adalah sayap kanan atau rasisme. ada juga sayap kiri atau anti rasisme.ada juga berlatarbelakang agama. contohya derby panas glasgow di skotlandia antara suporter glasgow ranger yang beranggotakan orang protestan, dan glasgow celt
ic yang beranggotakan orang katolik.
TRAGEDI HEYSEL
kasus ekstrim hooligans adalah tragedi heysel di belgia. tanggal 29 mei 1985 di belg
ia antara suporter juventus dan suporter liverpool.kasus ini bermula suporter liverpool mencoba menyerang suporter dengan memanjat dinding pembatas, suporter juventus mencoba menjauh karena bukan kelompok ultras,namun dinding tersebut runtuh karena tidak bisa menahan beban suporter liverpool dan menimpa suporter juventus, hooligans dan ultras juventus melakukan balas dendam,namun dihadang polisi,dalam peristiwa ini 39 orang tewas, diantaranya 32 suporter juventus,4 warga belgia,2 warga prancis,dan seorang warga irlandia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar