Sabtu, 23 Januari 2010

MAFIA


Mafia adalah nama kelompok atau gang kriminal terorganisir yang dulunya beranggotakan orang italia(awalnya beranggotakan orang sicilia).Mafia awalnya merupakan nama sebuah konfederasi yang orang-orang di Sisilia masuki pada abad pertengahan untuk tujuan perlindungan dan penegakan hukum(main hakim sendiri).Konfederasi ini kemudian mulai melakukan kejahatan terorganisir.anggotanya disebut MAFIOSO artinya pria terhormat.
Namun mereka menggantinya namanya dengan LA COSA NOSTRA(milik kita). Nama ini diperkenalkan oleh bos mafia DON SALVATORE MARANZANO saat rapat mafia di amerika THE COMMISION. Awalnya hanya beraksi di italia,namun awal abad 20,mafia melebarkan sayapnya di amerika saat terjadi imigran besar besaran warga italia.selain itu juga karena diktator italia, BENITO MUSOLINI yang melakukan penangkapan besar besaran tanpa ampun terhadap anggota mafia. sehingga banyak anggota mafia berimigrasi atau lari ke amerika.
Mafia juga mempunyai struktur organisasi yang jelas berikut urutan pangkat dari tertinggi hingga terendah :
  1. godfather(capo de tuti capi) yaitu bos dari semua bos
  2. don(Capofagmilia) yaitu bos dari keluarga mafia
  3. consiglieri yaitu penasihat mafia
  4. underbos (a sotto capo)
  5. caporegime yaitu letnan
  6. soldato yaitu pasukan
  7. associate yaitu bukan anggota atau calon anggota.bisa juga pejabat korup
Mafia juga mempunyai kode etik yaitu OMERTA. yaitu sebuah kode untuk tidak berbicara kepada penegak hukum(bungkam). siapa yang melanggar akan bungkam(mati) selamanya karena orang mati tidak bisa bicara. kode ini berlaku bagi anggota mafia maupun orang sipil yang berani buka mulut.
Jenis kejahatan mereka yaitu penyeludupan terutama miras( era prohibition),narkoba,pemerasan,perdagangan manusia,pembunuhan dst
Namun semenjak tahun 70 an, FBI giat melakukan penyelidikan yang membuat membuat berkurangnya pengaruh mereka. namun bukan berarti mereka hilang, Menurut survei setidaknya ada 6000 keluarga mafia di seluruh dunia.
saat ini reputassi mafia bahkan di filmkan salah satunya film GODFATHER yang merupakan salah satu film terbaik sepanjang masa.

3 komentar:

  1. Mafia diduga kerahkan 2000 orang untuk bakar hutan dan lahan di Riau. Hal ini termuat dalam website iyaa.com . Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan ada pengerahan 2000 orang dari wilayah Sumatera Utara untuk membakar lahan dan hutan di Provinsi Riau. Pengerahan massa ini mengganggu upaya pemadaman yang dilakukan pemerintah pusat dan daerah. Juru Bicara BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan ribuan orang itu tidak hanya dikerahkan untuk membakar lahan, tapi juga membakar hutan Cagar Biosfer Giam Siak Riau di Kabupaten Bengkalis.

    BalasHapus
  2. Is gambling the answer to my gambling addiction? - Work
    Is gambling the answer to my gambling addiction? หาเงินออนไลน์ · 1. Be successful · 2. Be febcasino healthy · 3. 바카라 사이트 Keep gambling for the long haul · 4. Find a

    BalasHapus